Menu

Mode Gelap

News · 1 Sep 2021 WIB

Peduli Kesehatan Masyarakat, Kelompok 302 KKN UNS Desa Mantren, Wonogiri Tanam Toga


					Peduli Kesehatan Masyarakat, Kelompok 302 KKN UNS Desa Mantren, Wonogiri Tanam Toga Perbesar


UNS — Kelompok 302 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang ditempatkan di Dusun Mantren, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, melakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) pada Minggu (29/8/2021).

Kegiatan penamaman Toga dilakukan kelompok 302 KKN UNS bersama karang taruna di dusun tersebut. Toga ditanam sebagai upaya kelompok 302 KKN UNS untuk meningkatkan imunitas masyarakat setempat selama pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi, penting bagi masyarakat, termasuk masyarakat pedesaan, untuk menjaga imunitas. Sistem imun yang baik membantu tubuh melawan infeksi dari benda asing yang masuk ke dalam tubuh,” ujar salah satu anggota kelompok 302 KKN UNS, Zakky Musthofa Zuhad.

Zakky yang juga Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS ini mengatakan, penanaman Toga tersebut mendapat respons yang sangat baik dari Kepala Desa Gunungan dan masyarakat Dusun Mantren.

Dengan dibantu oleh karang taruna Dusun Mantren, kelompok 302 KKN UNS menanam 50 tanaman yang telah dimasukkan ke dalam polybag.

“Jenis tanaman obat yang ditanam antara lain selada air, kumis kucing, jahe merah, jahe putih, sirih merah, sirih hijau, dan daun mint,” jelas Zakky.

Dengan terselenggaranya penanaman Toga tersebut, Zakky mengungkapkan, ia bersama rekan-rekannya ingin membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di sektor kesehatan.

Ia menambahkan, Toga yang telah ditanam dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal dan bisa sewaktu-waktu digunakan oleh masyarakat di Dusun Mantren.

“Melalui kegiatan penanaman Toga, mahasiswa KKN 302 UNS berharap dapat turut serta menjaga kesehatan masyarakat desa di tengah pandemi. Serta dapat dimanfaatkan oleh penduduk Dusun Mantren maupun Desa Gunungan untuk menjaga imunitas dan kesehatan di masa pandemi,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

The post Peduli Kesehatan Masyarakat, Kelompok 302 KKN UNS Desa Mantren, Wonogiri Tanam Toga appeared first on Universitas Sebelas Maret.

advertisement media

Sumber Berita

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Belajar Pola Pikir Organik dalam Kuliah Tamu Prodi Rekayasa Hayati x FAM Organic

28 September 2022 - 18:41 WIB

Rapat Pleno MDGB PTNBH Kaji Pendanaan Perguruan Tinggi dan Dana Abadi PTN-BH

28 September 2022 - 10:03 WIB

Pengumuman Penerimaan Proposal Program Bantuan Biaya Luaran Prototipe Tahun 2022

27 September 2022 - 20:03 WIB

Rapat Pleno MDGB PTNBH Bahas Pendanaan Perguruan Tinggi dan Keberadaan Pusat Pendidikan di IKN

27 September 2022 - 08:08 WIB

Menggali Potensi Talas Pratama Khas Sumedang

26 September 2022 - 23:30 WIB

plt. Direktur Belmawa Melepas 123 Awardees IISMA ke UK, Turki, dan Uni Eropa

26 September 2022 - 17:42 WIB

Trending di News