Menu

Mode Gelap

News · 8 Jun 2020 WIB

Silaturahmi dan Temu Sapa Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar: Jadilah Pionir Pancasila


					Silaturahmi dan Temu Sapa Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar: Jadilah Pionir Pancasila Perbesar


Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan silaturahmi dan temu sapa dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia secara online (daring) melalui aplikasi Zoom, Senin (8/6).

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, kegiatan Silaturahmi dan Temu Sapa daring ini bertujuan untuk merekatkan kerjasama antara BNPT dan UNNES. UNNES merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang Unggul (Akreditasi A) memiliki komitmen untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara membangun mahasiswa yang cerdas dan berkarakter.

“Terimakasih kepada Kepala BNPT RI Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar yang sudah berkenan menjadi Narasumber pada kegiatan ini. Kami juga mohon arahan untuk menjaga komitmen UNNES menjaga NKRI dan pengembangan kapasitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam penanggulangan Radikalisme dan Terorisme.Semoga kerjasama ini bisa terus dikembangkan lagi dengan memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa UNNES,” kata Prof Fathur.

Prof Fathur juga mengemukakan bahwa visi dan Misi UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional memiliki program Bela Negara dan Pusat Studi Anti Terorisme (Pusar) di Fakultas Hukum UNNES.

Program Bela Negara UNNES ini selaras dengan yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo soal gerakan nasional bela negara, katanya.

Prof Fatur menuturkan, mahasiswa baru UNNES wajib mengikuti bela negara selama tiga hari bekerjasama dengan Rindam IV Diponegoro Magelang. Hal itu penting untuk memupuk kesadaran membela negara dan mengatasi dampak negatif globalisasi. Pelaksanaan bela negara diprioritaskan kepada generasi muda, hal ini dilakukan untuk memberikan imunitas kepada mereka, khususnya mahasiswa atasi dampak negatif globalisasi.

Selain itu, Prof Fathur juga menyampaikan Pusat Studi Anti Terorisme UNNES merupakan salah satu Pusat Studi yang fokus pada kajian dan diskusi yang berkaitan dengan isu-isu anti-terorisme.

Prof Fathur menjelaskan, melihat perkembangan dan dinamika masyarakat saat ini, Pusat Studi Anti Terorisme UNNES mencoba secara aktif memberikan kontribusi yang nyata bagi pemerintah dan masyarakat dalam rangka ikut serta dalam menangkal, menaggulangi terorisme dan radikalisme di Indonesia.

Prof Fathur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membangun Indonesia yang maju bersama BNPT dan UNNES, serta berharap dengan kerjasama ini bisa memberikan peran Untuk Indonesia Maju, pungkasnya.

Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar sebagai nara sumber menyampaikan hubungan kerjasama antara BNPT dan UNNES yang sudah terjalin selama ini harus terus ditingkatkan untuk membangun generasi yang cinta pancasila dan NKRI.

“BNPT tidak bisa bekerja sendiri dengan permasalahan Terorisme dan Paham Radikaslisme tanpa adanya program kerjasama dengan masyarakat dan perguruan tinggi untuk menanggulangi potensi aksi terorisme dan paham radikaslisme dari masa kemasa,” Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Komjen Pol Boy Rafli Amar menegaskan, jangan sampai virus radikalisme dan terorisme itu hinggap di generasi muda.

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, perguruan tinggi terutama UNNES dalam pengabdian kepada masyarakat dan pendidikan kepada mahasiswa harus ditingkatkan untuk memberikan pondasi rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila harus diimplementasikan dengan Baik kepada masyarakat dan Generasi muda.

Komjen Pol Boy Rafli Amar meminta kepada UNNES, yang memiliki Sumber Daya Manusia luar biasa menjadi pionir Nilai-nilai pancasila, Nilai-nilai Kebangsaan, Nilai-nilai Nasionalisme, dan membangun Character Building agar Negara Republik Indonesia memiliki ketahanan dari pengaruh ideologi yang non-Pancasila.

“Mari membangun anak muda dengan berkepribadian hebat, berkepribadian Pancasila agar menjadi orang hebat yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan untuk Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan dipandu oleh Pit Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama (WR IV) Dr Hendi Pratama MA. Hadir Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, Ketua dan Sekretaris Majelis Profesor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Ketua Badan, Kepala Biro, Kepala UPT, Staff Ahli Rektor, dan Civitas Akademik UNNES.

Reporter: Muhammmad Fauzan

advertisement media

Sumber Berita

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Raih Hibah dari Erasmus+ Uni Eropa, Tujuh Perguruan Tinggi Indonesia Perkuat Kapasitas Kepemimpinan dan Manajemen Perguruan Tinggi di University of Granada Spanyol

3 Oktober 2022 - 16:53 WIB

Rogue Signal: Prototipe Aplikasi Anti Kriminalitas Hasil Karya Mahasiswa Teknik Industri ITB

3 Oktober 2022 - 11:00 WIB

ITB dan Daewoong Foundation Jalin Kerja Sama Pembangunan Lab untuk Bidang Kefarmasian dan Kesehatan

1 Oktober 2022 - 15:49 WIB

Modultrax, Solusi Permasalahan Distribusi Barang di Daerah Terpencil di Indonesia

1 Oktober 2022 - 07:09 WIB

Prototipe Penjernih Air Buatan Mahasiswa untuk Jawab Permasalahan Air Bersih di Arjawinangun

30 September 2022 - 22:30 WIB

Diskusi Pentingnya Tata Kelola Ruang Atasi Energy Trilemma Indonesia

30 September 2022 - 13:52 WIB

Trending di News