Menu

Mode Gelap

News · 2 Sep 2021 WIB

Virtual Prejob Training, Psikolog CDC: Kalian Harus Aktif Hunting


					Virtual Prejob Training, Psikolog CDC: Kalian Harus Aktif Hunting Perbesar


UNS –– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai perguruan tinggi merupakan salah satu instansi pencetak calon-calon ilmuwan sekaligus pekerja di Indonesia. Selain membekali para mahasiswa dengan ilmu dan kompetensi yang mumpuni, UNS juga membekali calon lulusannya dengan pengetahuan tentang dunia kerja. Untuk mewadahi hal tersebut, UNS melalui Career Development Center (CDC) mengadakan Virtual Prejob Training.

Banyak hal yang dibahas dalam acara yang diselenggarakan pada Kamis (26/8/2021) tersebut. Acara itu memberikan gambaran bagaimana dunia kerja saat ini lengkap dengan persaingannya serta tips agar dapat meraih pekerjaan impian sesuai dari beberapa sudut pandang.

Untuk mendukung acara tersebut, CDC UNS menghadirkan dua pembicara yakni Fadjri Kirana A, S.Psi., M.A. (psikolog di CDC UNS) dan Retno Wulandari, S.H., M.Si. (General Manager The Sunan Hotel Solo). Narasumber Fadjri Kirana memaparkan kiat-kiat dari sudut pandang penyeleksi (HRD), sedangkan narasumber kedua memberikan tips dari sudut pandang pimpinan perusahaan.

Dalam kesempatan tersebut, Fadrji Kirana membeberkan tips untuk peserta agar lekas dapat diterima kerja. Beliau menyarankan para peserta untuk aktif mencari.

“Teman-teman harus aktif hunting informasi seputar lowongan yang ingin teman-teman masuki. Selain itu, membuat portofolio yang bagus tentang diri sendiri di media sosial itu juga penting,” ujarnya pada acara yang dilangsungkan melalui platform Zoom Cloud Meeting tersebut.

Selain itu, calon lulusan juga diminta untuk memperbaiki tampilan daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Tampilan CV disarankan agar menarik dan informatif. Para pencari kerja juga dapat mengoptimalisasi media sosial untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di situs perusahaan, job fair , atupun campus hiring .

Jika sudah mendapat informasi lowongan, hal yang perlu disiapkan adalah membuat linimasa pendaftaran. Bila sudah mendaftar, saatnya para lulusan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan diri itu dapat berupa mengembangkan kemampuan atau kompetensi diri dengan mengikuti kursus, pelatihan, atau webinar yang relevan dengan bidang studi. Sembari menunggu pengumuman hasil pendaftaran, para lulusan juga dapat menyiapkan diri jika sewaktu-waktu dipanggil untuk wawancara.

Ketika semua hal itu sudah dilakukan, tapi hasil baik tak kunjung datang, Fadjri Kirana menekankan untuk sabar. Dia mengatakan bahwa para pencari kerja harus menyiapkan stok sabar yang banyak.

“Ingatlah “The right man on the right place”. Tidak berarti kalau teman-teman tidak lolos berarti teman-teman tidak oke atau tidak layak. Mungkin ada beberapa kompetensi yang teman-teman harus kembangkan lagi. Jangan lelah belajar,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

The post Virtual Prejob Training, Psikolog CDC: Kalian Harus Aktif Hunting appeared first on Universitas Sebelas Maret.

advertisement media

Sumber Berita

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Raih Hibah dari Erasmus+ Uni Eropa, Tujuh Perguruan Tinggi Indonesia Perkuat Kapasitas Kepemimpinan dan Manajemen Perguruan Tinggi di University of Granada Spanyol

3 Oktober 2022 - 16:53 WIB

Rogue Signal: Prototipe Aplikasi Anti Kriminalitas Hasil Karya Mahasiswa Teknik Industri ITB

3 Oktober 2022 - 11:00 WIB

ITB dan Daewoong Foundation Jalin Kerja Sama Pembangunan Lab untuk Bidang Kefarmasian dan Kesehatan

1 Oktober 2022 - 15:49 WIB

Modultrax, Solusi Permasalahan Distribusi Barang di Daerah Terpencil di Indonesia

1 Oktober 2022 - 07:09 WIB

Prototipe Penjernih Air Buatan Mahasiswa untuk Jawab Permasalahan Air Bersih di Arjawinangun

30 September 2022 - 22:30 WIB

Diskusi Pentingnya Tata Kelola Ruang Atasi Energy Trilemma Indonesia

30 September 2022 - 13:52 WIB

Trending di News